Sunday, April 26, 2020

Kades Galang Pertanyakan Penerima BPNT Desanya sejak tahun 2019 tidak ada dananya

Empat Lawang UKN.
Sejak adanya perubahan penggunaan dana desa tahun 2020 ini, seluruh
desa dalam wilayah  Kabupaten Empat Lawang mulai merevisi APBDes, untuk memasukan anggara Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka mengatasi warga yang terdampak covid19.
Desa Galang kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang menganggarkan BLT melalui dana desa sebesar Rp. 600.000,-  selama tiga bulan kedepan dan diberikan kepada masyarakat yang terdampak covid 19 dengan syarat tertentu. Diantara syarat tersebut adalah warga desa yang bukan penerima PKH, tidak menerima BPNT, Bukan PNS, TNI/Polri dll. Permasalahan yang muncul saat menentukan warga penerima BPNT melalui Dana Desa Galang adalah adanya penerima BPNT belum menerima dana terserbut. Padahal warga pemegang kartu penerima Manfaat  (KPM) itu sudah sejak tahun 2019 yang lalu dan sampai sekarang rekeningnya masih kosong. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Galang kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan kepada awak media pada hari Sabtu, (25/04/2020) sekitar pukul 11.30 wib  dikediamannya.
“ Pemegang  Kartu BPNT desa Galang sebanyak 66 orang. Yang bisa mencairkan dana di dua  e_warung yang ada di desanya hanya 27 orang.  Sementara sisanya sebanyak 39 orang tidak  bisa mencairkan dana BPNT. Padahal mereka sejak tahun 2019 yang lalu sudah memegang kartu tersebut.” Ujar Anton, Kepala Desa Galang.
“ Kami sudah mengecek kepada TKSK Kecamatan Ulu Musi dan ternyata ke 39 orang tersebut dananya memang tidak masuk ke rekening penerima dari dulu sampai sekarang.  Kami tidak tahu dimana letak permasalahannya. Kami tidak tahu kemana tempat kami bertanya untuk mengatasi masalah ini “ Ujar Kades melanjutkan.
Lebih lanjut, Kepala Desa Galang menjelaskan hal ini perlu kami pertanyakan karena ada kaitannya dengan syarat-sayarat penetapan penerima BLT Desa.
“ Karena itu, penyusunan daftar warga penerima  BLT Desa agak terlambat. Nanti, bila 39 orang kami anggarkan untuk menerima dana BLT Desa, siapa tahu pada saaat yang bersamaan, BPNT mereka cair. Sebaliknya, bila mereka tidak kami anggarkan dalam BLT Desa dengan alasan 39 orang tersebut pemegang kartu BPNT, dan  ternyataka dana BPNT mereka juga tidak cair, Kan kasihan, BPNT tidak cair, BLT desa juga tidak cair. Makanya kami ingin kejelasan dahulu dan berharap pihak terkait dapat menyelasaikan masalah ini, sehingga tidak ada aturan yang dilanggar” Ujar Anton,Kepala Desa Galang Kecamatan Ulu Musi Kab, Empat Lawang mengakhiri. (TIM) 
Share:

0 komentar:

Featured Post

HOLDA, hari ini mengambil Formulir di DPW Partai Kebangkitan Bangsa, sumsel

Cari di web ini

Tag