Sunday, April 26, 2020

Beberapa Kepala Desa di Kikim Barat pertanyakan keterlambatan Pencairan Dana Desa tahap I tahun 2020

Lahat UKN,
Beberapa Kepala Desa di kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat
mempertanyakan lambatnya pencairan dana desa tahap 1 tahun 2020. Hal ini terungkap ketika awak media memantau pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa untuk warga yang terdampak covid19. Dari beberapa desa yang dimonitor di kecamatan kikim barat, salah seorang kepala desa menyampaikan bahwa mereka belum bisa merealisasikan program dana desa tahun 2020 ini karena dana desa tersebut belum cair.
BACA JUGA :
 “ Kami belum bisa melaksanakan program dana desa tahun 2020 ini karena dananya sendiri belum cair. Padahal semua syarat untuk pencairan sudah kami selesaikan semua dan lengkap. Anehnya ada sekitar 3 desa yang sudah cair duluan. Kami belum, cair. Karena itu kami bingung sendiri, mengapa desa kami belum cair. Kalau ada syarat yang belum lengkap, tolong beri tahu kami, syarat yang mana yang belum lengkap” Tanya kepala desa yang tidak mau disebutkan namanya kepada awak media di kediamannya pada hari minggu (26/04/2020). Pada kesempatan itu Kades tersebut meminta kapada awak media untuk mencari tahu dimana letak permasalahannya.
BACA JUGA :
Setelah mendapat informasi tersebut, TIM media langsung menghubungi camat Kikim Barat untuk mendapatkan petunjuk awal mengenai belum cairnya dana desa di beberapa desa dalam wilayah kecamatan kikim Barat. Camat Kikim Barat, Darwis menjelaskan melalui saluran selulernya bahwa memang benar ada beberapa desa dalam wilayah kecamatan Kikim Barat yang dana desanya sudah cair. Dan ada juga yang belum cair.
“ Memang ada beberapa desa yang dana desanya sudah cair. Untuk desa-desa yang belum cair, mamang pencairannya bertahap. Hari jumat kemarin (24/04/2020) Saya sudah menanda tangani rekom pencairan untuk sekitar 7 atau 8 desa yang lain. Untuk nama desanya saya lupa.” Ujar Darwis, Camat Kikim Barat melalui sambungan selulernya pada hari Minggu (26/04/2020). Lebih lanjut Camat Kikim Barat mengatakan selebihnya dirinya belum tahu kapan dan desa mana lagi yang akan dicairkan karena, SPMnya belum di terima oleh kecamatan kikim Barat.
 “ Untuk desa-desa yang SPMnya belum kami terima, kami tidak bisa membuat rekomendasinya ke Pihak Bank. Kapan turunnya SPM tersebut itu bukan kewenangan kami selaku camat. Jadi kami tidak tahu kapan turunnya SPM tersebut. “ ujar Camat Kikim Barat mengakhiri. (TIM)
Share:

0 komentar:

Featured Post

Salah seorang putra Asli Empat Lawang ambil Formulir di DPC Demokrat Empat Lawang

Cari di web ini

Tag