Wednesday, May 13, 2020

PPDB SDN 1 Pendopo Kab. Empat Lawang Berpotensi Langgar Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

Empat Lawang UKN.
Bulan Mei tahun 2020 ini adalah masa-masanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Penerimaan Peserta Didik Baru ini dibuka untuk semua jenjang
pendidikan baik dari TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya  sangat besar. Tidak terkecuali pada jenjang Pendidikan Dasar (SD). Banyak calon orang tua murid yang ingin agar anaknya sekolah di
sekolah yang favorit. Kondisi ini sangat memungkinkan timbulnya prektik – praktik kotor dalam penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh oknum kepala sekolah untuk meraih keuntungan pribadi. Sebab, banyaknya permintaan untuk diterima pada sekolah favorit tidak sebanding dengan quota yang ada pada sekolah tersebut. Karena itu pada tanggal 10 Desember  2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan/menetapkan peraturan tentang PPDB untuk mengeliminisir kemungkinan praktik kotor tersebut. Tahun 2020 ini, PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.
Dalam permendikbud tersebut Pasal 2 menyatakan bahwa :
1.   PPDB dilakukan berdasarkan:
a.   nondiskriminatif;
b.   objektif;
c.    transparan;
d.   akuntabel; dan
e.    berkeadilan.
2.  Nondiskriminatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikecualikan bagi Sekolah yang secara khusus melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.
Pada pasal 11 menyebutkan bahwa :
1.   Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai beriku t:
a.    zonasi;
b.   afirmasi;
c.    perpindahan tugas orang tua/wali; dan/atau
d.   prestasi.
2.   Jalur zonasi sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf a paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung Sekolah.
3.   Jalur afirmasi sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf b paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung Sekolah.
4.   Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud dengan ayat (1) huruf c paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah.
5.   Dalam hal masih terdapat sisa kuota dari pelaksanaan ayat (2), ayat (3), dan ayat (4), Pemerintah Daerah dapat membuka jalur prestasi sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf d.
Dan pasal 12 menyebutkan bahwa Jalur prestasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (5) tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 (satu) SD.
BACA JUGA :
SD Negeri 1 Pendopo Kabupaten Empat Lawang yang beralamat di kelurahan Beruge kecamatan Pendopo adalah salah sati SD Negeri favorit, yang memiliki TK yang satu atap dengan SD Negeri 1 tersebut. TK 1 satu atap SDN 1 tersebut telah berdiri sejak tahun 2015 yang lalu dan sampai sekarang belum terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional.
Animo calon orang tua / wali murid untuk menyekolahkan anaknya pada SD tersebut cukup banyak. Tetapi mereka terkendala dengan aturan zonasi yang dikeluarkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan RI. Sehingga bagi orang tua/wali murid yang tidak dalam zonasi SDN 1 pendopo maka mereka tidak akan diterima melalui jalur tersebut. Tetapi anehnya, dari informasi warga yang tidak mau disebutkan jati dirinya pada redaksi https://ungkapkasus.com, selasa (05/05/2020) mengeluhkan ketidakadilan kebijakan Kepala SDN 1 Pendopo karena menerima calon peserta didik baru diluar zonasi SDN 1 Pendopo hanya karena yang bersangkutan adalah lulusan TK satu atap SDN 1 pendopo. Selain itu, dari pengumuman PPDB SDN 1 pendopo nomor 4421.2/124/SDN01-PDP/DIKBUD/2020, kepala SDN 1 tersebut juga menerima siswa melalui jalur prestasi. Padahal berdasarkan permendikbud no 44 th 2019 pasal 12, jalur prestasi tidak untuk PPDB pada tingkat TK dan SD.
Ketika hal ini kami konfirmasikan kepada Suyamto, S.Pd, Kepala SDN 1 Pendopo melalui jalur seluler, selasa (05/05/2020) sekitar pukul 10.54 wib, beliau membenarkan bahwa seluruh lulusan TK satu atap SDN 1 Pendopo langsung dapat diterima di SDN 1 meskipun yang bersangkutan tidak dalam zonasi SDN 1 Pendopo “ Benar lulusan TK Satu Atap SDN 1 langung diterima pada SDN 1 Pendopo, meskipun yang bersangkutan di luara zonasi SDN 1 Pendopo, karena mereka sudah menjadi warga SDN 1 Pendopo” ujar Suyamto, S.Pd kepada awak media melalui jaringan seluler. “ Untuk lulusan TK selain TK satu atap, bila yang bersangkutan masuk dalam zonasi SDN 1 Pendopo maka mereka akan kita terima juga. Tetapi bila mereka tidak dalam zonasi, maka mereka bisa mendaftar pada jalur prestasi” ujar kepsek SDN 1 mengakhiri.
Awak media juga berupaya mengirimkan pesan singkat kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang melalui jaringan WA, untuk mengkonfirmasi masalah tersebut, tetapi sampai berita ini ditayangkan, awak media belum mendapat jawaban dari kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang. (TIM)
Share:

0 komentar:

Featured Post

Perempuan cerdas berintegritas akan entaskan kemiskinan Sumatera Selatan, dengan Program Ekonomi Hijau

Cari di web ini

Tag