AYOKE TPS

Thursday, January 4, 2024

Ketua Fraksi Partai Demokrat bongkar dugaan kecurangan kelulusan PPPK Kab. Empat Lawang

 Empat Lawang UKN

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kab. Empat Lawang bongkar dugaan kecurangan penerimaan PPPK Kab. Empat Lawang, Herman Rusul Yunus, sejak awal penerimaan PPPK Kabupaten Empat Lawang telah melakukan montoring kegiatan pengadaan ASN jalur PPPK tahun 2023 yang lalu. Hal ini senada dengan salah satu fungsinya selaku anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang yaitu fungsi kontrol terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Empat Lawang.


Lebih lanjut, Herman Rusul Yunus menjelaskan kepada awak media bahwa, beliau telah menemukan dugaan kecurangan dalam penetapan kelulusan para seleksi PPPK di tahun 2023 yang lalu, karena ada beberapa nama peserta seleksi yang diduga tidak lulus karena yang berakibat kurang nilai sehingga nilainya tidak cukup untuk dapat diluluskan.

“ Kami menemukan ada 2 (dua) orang yang menurut data yang kami temukan kurang nilai karena ada beberpa syarat yang kurang. Tidak memiliki sertifikasi Damkar Tetapi pada pengumuman peserta tersebut diluluskan.” Ujar Herman Rusul Yunus kepada awak media.

Baca juga :  Desa Aur Gading Kec. Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang telah di verifikasi

Lebih lanjut, Herman Rusul Yunus yang juga ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Empat Lawang menjelaskan bahwa dirinya telah membuat surat terbuka yang ditujukan kepada Pj. Bupati Empat Lawang, Kepala BKSDM cq. Kabid pemberhentian dan pengadaan, serta Kadis Damkar Kabupaten Empat Lawang. Dalam surat tebuka tersebut beliau meminta penjelasan se jelas-jelasnya secara komprehensif bahwa ada oknum peserta tes PPPK tahun 2023 yang berinisial JK di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Empat Empat Lawang,  ternyata dia tidak sendirian ada satu lagi oknum berinisial IN, juga  terindikasi dan patut diduga ada permainan tidak jujur dan permainan curang dalam penerimaan PPPK tersebut. 

“ Dari data yang kami temukan  bahwa peserta yang berinisial JK, diketahui yang bersangkutan bukan honorer di Damkar. Namun yang bersangkutan mendapat tambahan nilai 112,5 sehingga yang bersangkutan  tadinya tidak lulus karena ada tambahan nilai sebesar 112,5 maka yang bersangkutan menjadi lulus. Karena itu, saya mempertanyakan mengapa yang bersangkutan mendapatkan tambahan nilai 112,5 tersebut. Sementara itu, Kabid Pemberhentian dan Pengadaan BKSDM berdalih bahwa itu keselahan teknis tidak  sengaja, salah centrang.  tapi ini jika tidak ketahuan maka yang bersangkutan akan diterima sebagai ASN jalur PPPK. saya selaku pribadi dan anggota dewan sangat menyanyangkan kecerobohan oknum di BKSDM, dan patut diduga ada kesepakatan jahat yang bisa berakibat sanksi administrasi atau sanksi pidana bagi pegawai teesebut jika ini terbukti melanggar Surat Edaran Manpan RB  No 5 tahun 2010.” Ujar Herman Rusul Yunus mempertanyakan. 

Selanjutnya Herman Rusul Yunus menyampaikan surat Pj Bupati Empat Lawang yang ditujukan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara / Ketua Panselnas kepada awak media. Dalam surat tersebut Pj. Bupati Empat Lawang membuat Usulan Pembatalan Afirmasi Sertifikat Kompetensi Teknis Seleksi PPPK atas nama JK dan IND dengan formasi pemadam kebakaran, 

Terkait dengan surat Pj. Bupati tersebut, Herman Rusul Yunus menyampaikan terima kasih atas cepat tanggapnya bapak Pj Bupati Empat Lawang, merespon surat beliau.  namun Herman Rusul berharap agar ada sanksi terhadap oknum pagawai yang tidak jujur sehingga hal ini tidak terjadi lagi.  Jika dikemudian hari ditemukan lagi kasus serupa  di instansi lain,  bukan tidak mungkin Herman Rusul akan melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum.        

Menanggapi surat terbuka tersebut, Pj. Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin menyampaikan kepada awak media  bahwa, surat tersebut sudah ditindaklanjuti, intinya semua kembali keaturan. Mengenai hal teknis silahkan konfirmasi ke OPD terkait BKPSDM, ujar Pj bupati Empat Lawang melalui WA.(TIM)

Share:

0 komentar:

Featured Post

MTQ kecamatan Tebing Tinggi dipusatkan di Masjid Kupang

SMAN 1 TEBING TINGGI

SMAN 1 POBAR

SMAN 1 LINTANG KANAN

SMAN 1 PENDOPO

SMAN 3 KIKIM TIMUR

KABID GTK DISDIK EMPAT LAWANG

SMPN 1 PENDOPO

SMPN 1 POBAR

SMPN 1 TEBING TINGGI

SMPN 3 TEBING TINGGI

SDN 5 TEBING TINGGI

SMPN 2 TALANG PADANG

SMPN 5 TEBING TINGGI

SDN 3 TEBING TINGGI

SDN 26 TEBING TINGGI

SDN 8 TEBING TINGGI

Cari di web ini

Tag