Friday, October 27, 2023

Hari Sumpah Pemuda dan keadaan Pemuda Bangsa hari ini

Opini Publik oleh : ADV Fhareza Muhammad Gahar,S.H.,M.H.,CPM.,C.FLS.,C.NSP.,C.FTax 

Opini Publik UKN

          Beranjak dari mulai tahun 1928 sampai dengan tahun 2023 artinya sudah hampir satu abad hanya kurang satu lustrum, negara ini memperingati setiap kali terlewati tanggal 28 oktober 1928. Sebagai peringatan sumpah pemuda, pertanyaannya hari ini apakah bangsa kita sudah utuh dalam mempraktekkan cita-cita para pemuda diwaktu itu, dalam kehidupannya ?  maka sudah pasti kita punya jawaban yang berbeda-beda pula dalam menjawab hal itu.


Baca Juga :  Siap – Siap, pemkab Empat Lawang – Sumsel buka lowongan test P3K akhir tahun 2023

          Hari ini di dalam pergolakan Mahasiswa maka masih sering saat ini terdengar mahasiswa yang kritis di jalanan atau pun di media yang selalu mendapat kecaman dari oknum elit politik bahwa mahasiswa yang seperti ini sudah pasti di kendarai actor yang mempunyai kepentingan-kepentingan.

          Mengutip tulisan dari Soe Hok Gie beliau pernah menuliskan “ Baginya pemuda-pemudi yang bertingkah laku sebagai manusia normal adalah mereka yang pada saat kuliah datang ke kelas-kelas secara serius, mendengarkan kuliah-kuliah dosen. walaupun kadang-kadang membosankan. Dan pada saat di laboratorium, kadang-kadang mereka berdiskusi secara sungguh-sungguh dengan rekan-rekannya tentang suatu masalah ”. Ini dapat dimaknai bahwa mahasiswa itu rutinitasnya seperti itu dan dapat juga dirasakan pada saat ini kebanyakan mahasiswa masih dengan cara demikian.

Baca Juga  : Bagaimana cara agar pungutan biaya pendidikan tidak terjebak pada pungli ?

          Hari ini kita sangat mendambakan ada para mahasiswa yang berani menyuarakan ketidakadilan dan ketimpangan sosial di wilayah-wilayah tertentu. Contohnya banyak sekali mahasiswa yang dalam menunjukkan aksi keberaniannya di jalanan hanya untuk kebutuhan konten media sosial belaka, dan sebagai penghamba ketenaran, serta kami sangat merindukan adanya mahasiswa yang berani mengingatkan dan mengkritisi pemerintahan hanya demi yang didasari kepentingan pihak tertindas.

          Memang diketahui bahwa mahasiswa itu tugasnya belajar. Tapi perlu diingat bahwa menjadi manusia juga merupakan pembelajaran serta tidak mengingkari diri dari nilai-nilai kemanusian yang juga pembelajaran. Apakah mahasiswa hari ini hanya bisa berkoar-koar tentang hidup mahasiwa, hidup mahasiswa ? Pertanyaan ini hanya ada jawabannya didalam diri mahasiswa itu pula masing-masing.


Share:

0 komentar:

Featured Post

Pj Bupati Empat Lawang Potong 5 Ekor Sapi kurban pada Idul Adha 2024

Cari di web ini

Tag