Monday, February 10, 2020

BKK SMKN 1 Empat Lawang, Laksanakan Rekrutmen Tenaga Kerja PT. United Tractors Indonesia

BKK SMKN 1 Empat Lawang, Rekrut Tenaga Kerja 
PT. United Tractors Indonesia

Dalam rangka pelaksanaan Bursa Kerja Khusus (BKK), pada hari ini, Senin,
10 February 2020, SMKN 1 Empat Lawang Sumsel melaksanakan rekrutmen tenaga terampil untuk bekerja pada PT. United Tractors Imdonesia. Rekrutmen ini ditangani langsung oleh TIM United Tractors School (UT School) yang datang ke SMKN 1 Empat Lawang Sumsel. Kepala SMKN 1 Empat Lawang Sumatera Selatan Bapak Syaiful Efendi, S.Pd, M.Pd mengatakan peserta rekrutmen ini tidak hanya diikuti oleh lulusan SMKN 1 Empat Lawang, tetapi juga diikuti oleh SMKN yang lain dalan wilayah Propinsi Sumatera Selatan. “ Betul. Rekrutmen UT School yang kita adakan ini diikuti selain dikuti oleh SMKN 1 Empat Lawang, juga diikuti oleh SMKN 2 Pagar Alam sebanyak 21 peserta, dan SMKN Kab. Muratara sebanyak 20 peserta. Ini sesuai dengan amanat Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Herman Deru ketika Lounching Pemberangkatan  Lulusan SMKN 1 Empat Lawang untuk bekerja di Perusahaan Jepang di Malaysia beberapa bulan yang lalu. Ketika itu Bapak Gubernur mengamanatkan agar SMKN 1 Empat Lawang juga mengajak SMKN yang lain dalam wilayah Propinsi Sumatera Selatan, sehingga SMKN yang lain dapat melaksanakan bursa kerja mereka sesuai dengan harapan pemerintah pusat. Karena itu hari ini kita mengajak SMKN Kab. Muratara dan SMKN 2 Kota Pagar Alam untuk mengikuti rekrutmen United Tractors School (UT School) yang nantinya bagi mereka yang lulus rekrutmen ini akan di didik oleh UT School yang akhirnya mereka akan bekerja di PT United Tractors Indonesia sebagai mekanik alat berat.  Dengan begitu SMKN kita dan SMKN yang lain dapat menyalurkan lulusan kita di lembaga yang telah mengadakan MoU dengan SMKN kita ini.” Ujar Kepsek SMKN 1 Empat Lawang Sumsel, Bapak Syaiful Efendi, S.Pd, M.Pd.
Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMKN 1 Empat Lawang yang juga seorang kandidat Doktor bidang pendidikan ini mengatakan bahwa sebelum ini juga memberangkatkan 60 orang lulusan SMKN 1 untuk bekerja di Perusahaan Perakitan Komputer milik Perusahaan Jepang yang beroperasi di Malaysia. “ kita sebenarnya ingin agar tenaga kerja kita dapat langsung bekerja di Jepang, tetapi kita masih mempunyai kendala dalam hala bahasa. Lulusan kita belum mampu berbahasa Jepang, sehingga mereka yang berangkat kemarin di tempatkan di Malaysia. Seandainya saja ada diantara mereka yang bisa berbasaha jepang walau sedikit-sedikit, maka mereka pasti di tempatkan di Jepang. Tapi masalah itu tadi. Masalah bahasa. Kedepan kita sedang berusaha untuk memasukkan pelajaran bahsa jepang ke SMKN ini. Dengan demikian lulusan kita nanti tidak lagi ditempatkan di Malaysia. Tapi langsung ke Jepang.” Ujar kepsek dengan penuh semangat.
Dilain pihak Bapak Siswanto, Kepala kepala rombongan SMKN 2 Pagar Alam menyatakan sangat setuju dengan program yang yang dilaksanakan oleh SMKN 1 Empat Lawang ini. “ Kami senang dapat mengikuti program rekrutmen UT school ini, makanya kami membawa 21 orang lulusan SMKN 2 Pagar Alam untuk mengikuti rekrutmen, kami berharap lulusan kami dapat diterima di PT. United Tractors Indonesia ini sehingga masyarakat Pagar Alam setelah lulus sekolah langsung dapat bekerja di Perusahaan yang bonafid. Dengan begitu, kami mudah untuk merekrut siswa agar masuk SMK saja, sebab dengan SMK lulus langsung bekerja.” Ujar Bapak Siswanto yang juga menjadi tenaga Pendidik di SMKN 2 Pagar Alam dengan semangat. Lebih lanjut bapak Siswanto berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan juga di SMKN 2 Pagar Alam,  untuk itu, bimbingan dari Bapak Syaiful Efendi sangat kami harapkan, ujarnya mengakhiri. (TIM)


Pidato Gubernur Sumsel Bpk. Herman Deru
pada pelepasan lulusan SMKN 1 Empat Lawang
Untuk bekerja pada Perusahan Perakitan Komputer Jepang
di Malaysia
Share:

Featured Post

Pj Bupati Empat Lawang Potong 5 Ekor Sapi kurban pada Idul Adha 2024

Cari di web ini

Tag