Wednesday, December 4, 2019

PRODUK POKDARTA TERUSAN BARU BISA, SIAP MENEMBUS PASAR

Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Fasilitasi Desa Binaan Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD &P3A) Kabupaten Empat Lawang pada
hari Rabu tanggal 27 November 2019 di hotel kito, Kelompok Sadar Wisata Terusan Baru Bisa, mendapatkan bantuan berupa peralatan mesin pembuat sovenir dan peralatan batik, beserta pelatihan menggunakan peralatan tersebut.
Pelatihan penggunaan peralatan mesin pembuat souvenir berbahan kaya dan pembatikan dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat di gedung Bumdes Desa Terusan Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang yang diikuti oleh 50 orang warga desa Terusan Baru yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarta) Terusan Bisa dan dihadiri  oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Bapak Andi S, dan pelatih batik serta pelatih pembuat souvenir berbahan kayu serta kepala Desa Terusan  Baru Alek Deka Saputra beserta perangkat desa.
Kepala Dinas PMD & P3A Kab. Empat Lawang melalui  Kabid Pemberdayaan masyarakat Desa  Bapak Andi S, berharap agar bantuan yang telah diserah terimakan ini dapat dimanfaatkan secara sungguh-sungguh sehingga Pokdarta Terusan Baru Bisa ini dapat mencipatakan produk souvenir khas daerah kabupaten Empat Lawang yang mampu bersaing dengan produk sejenis baik secara regional maupun nasional sehingga dapat mendukung program Desa Wisata  Air Terjun  Sange Terusan Baru yang akhirnya akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.
Sejalan dengan hal tersebut,  Kepala Desa Terusan Baru, Alek Deka Saputra sangat bersyukur dengan bantuan ini. “ Kami bersyukur dan berterima kasih kepada pemkab  Empat  Lawang. Peralatan mesin pembuat souvenir dan peralatan pembuat batik ini sangat berguna sekali bagi masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata ini. Dengan peralatan mesin ini, anggota kelompok yang laki-laki dapat membuat berbagai souvenir seperti, gantungan kunci, lampu hias, lehar tempat Al Qur’an, kotak tisu yang terbuat dari kayu dll. Sementara para ibu-ibu yang dilatih cara membatik kain atau kayu dapat menembahkan ornament dan hiasaan pada peralatan yang telah dibuat oleh bapak – bapak tadi. Selain itu kedapan ibu Pokdarta ini akan berusaha menciptakan pola batik untuk kabupaten empat lawang, sehingga batik kita mempunyai corak tersendiri” ujar Kepala Desa Terusan Baru  menjelaskan.
Lebih lanjut Kepala Desa juga mengatakan bahwa, produk-produk pokdarta ini juga akan kita pasarkan ke masyarakat umum melalui Badan usaha milik Desa (Bumdes) dengan harga yang terjangkau. “ Yakinlah produk  yang akan kami buat ini, adalah produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat seperti gantungan kunci, tempat Tisu dll dengan harga yang terjangkau. Dan kedepan kreasi dan inovasi dari anggota kelompok memang sangat diperlukan “ Ujar Alek, Kepala Desa Terusan Baru mengakhiri.
Share:

1 komentar:

terserah said...

menang berapapun di bayar
ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
WA : +85587781483

Featured Post

Geliat Petani Porang Empat Lawang

Cari di web ini

Tag