Thursday, November 16, 2017

Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Puskesmas Tebing Tinggi Empat Lawang 2017


UPTD PUSKESMAS TEBING TINGGI EMPAT LAWANG
GELAR LOUNCHING GERMAS 2017

Obrolan kito,
Kemajuan  pembangunan bidang kesehatan cukup menggembirakan, sehingga terobosan kebijakan baru dalam rangka akselerasi program mutlak dibutuhkan. Salah satunya Terobosan tersebut melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga. Germas dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Tujuan Germas, antara lain:


  1. Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan;
  2. Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk
  3. Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Prinsip Germas, yaitu Kerjasama multisektor; Keseimbangan masyarakat; keluarga dan individu; Pemberdayaan masyarakat;
  4. Penguatan sistem kesehatan; Pendekatan siklus hidup; Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); dan berfokus pada pemerataan layanan. Gerakan ini dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).
Kebijakan lainnya adalah Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga, dilaksanakan oleh Puskesmas dengan ciri : 
1.    Sasaran utama adalah Keluarga;
2. Diutamakan Promotif dan Preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM);
3.    Kunjungan rumah secara aktif untuk peningkatan outreach dan total coverage;


4.    Pendekatan siklus kehidupan atau life cycle approach.

UPTD Puskesmas Tebing Tinggi beberapa minggu yang lalu telah mencanangkan penggalangan Komitmen kegiatan gerakan hidup sehat (germas)  yang ditandai dengan Penanda Tanganan Komitmen diantaranya Camat Tebing Tinggi, Polsek Tebing Tinggi dll di Kantor Camat Tebing Tinggi pada Senin (02/10/2017) yang lalu. Hal ini terungkap dari penjelasan Ibu Sri Agustini, SKM pada hari Jumat 3 November 2017 sekitar pukul 10.00 wib di ruang kerjanya. Lebih lanjut Kepala UPTD Puskesmas Tebing Tinggi Ibu Sri Agustini, SKM menjelaskan bahwa untuk wilayah kecamatan Tebing Tinggi, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), saat ini di pokuskan pemicuan pada posyandu-posyandu yang ada dalam kecamatan tebing tinggi dengan harapan agar masyarakat Tebing Tinggi khususnya dan Empat Lawang umumnya dapat melaksanakan perilaku hidup sehat. Sebab seperti yang kita ketahui bersama bahwa bukan rahasia umum lagi bahwa Masih banyak masyarakat di Empat Lawang  yang masih Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat. Kepala UPTD Puskesmas Tebing Tinggi, Sri Agustini, tak menampik hal itu. Lantaran permasalah itu, melalui Pencanangan Gerakan Masyarakat Pola Hidup Sehat (GERMAS), pihaknya hingga kini melakukan pemicuan kesadaran kepada masyarakat salah satunya untuk tidak BAB di sembarang tempat.
" Untuk kegiatan Germas ini, kita bukan ke fisiknya, lebih cenderung terhadap pemicuan kesadaran masyarakat untuk tidak BAB sembarangan dan lain-lain," kata Sri saat dibincangi media di sela kesibukannya di ruang kerjanya. Lebih lanjut beliau mengharapkan agar masyarakat dapat membuat jamban di rumah mereka masing-masing. "Selain melakukan pemicuan akan dampak yang terjadi terhadap lingkungan yang disebabkan BAB sembarangan, kita juga menyarankan agar mereka membuat jamban sendiri. Sebenarnya di Dinkes ada tempat untuk berkonsultasi mengenai ini," sebutnya. Disisi lain, Ibu Sri mengatakan, pihaknya kini tengah mengambil data mengenai kesehatan. "Kita berkoordinasi dengan kades dan lurah untuk  mengambil 100 sampel, hasilnya akan keluar indeks data mengenai keluarga sehat atau tidaknya," tandasnya seraya menyebut kegiatan GERMAS dihadiri langsung seluruh Kades Tebing Tinggi dan Unsur Tripika (Camat, Komandan Rayon Militer, dan Kepala Kepolisian Sektor Tebing Tinggi.) Ujar Kepala Puskesmas Tebing Tinggi, Ibu Sri Agustini, SKM mengakhiri.


Share:

0 komentar:

Featured Post

HOLDA, hari ini mengambil Formulir di DPW Partai Kebangkitan Bangsa, sumsel

Cari di web ini

Tag