Sunday, September 17, 2017

PEMKAB EMPAT LAWANG QURBANKAN 22 EKOR SAPI

22 EKOR SAPI DIQURBANKAN PEMKAB EMPAT LAWANG
PADA PERAYAAN HARI RAYA IDUL ADHA TAHUN 1438 H / 2017

Kabar Kito,
Pelaksanaan kegiatan Perayaan Hari Idul Adha 1438 H / 2017 oleh Pemerintah Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan dimulai dengan kegiatan Takbir Keliling kota pada Kamis malam tanggal 31 Agustus 2017, dilanjutkan Sholat Ied di lapangan Pemkab Empat Lawang pada hari Jumat, 1  September 2017, pemotongan  hewan Qurban dan Open House yang digelar di Rumah Dinas Bupati Empat Lawang.

Perayaan Idul Adha tahun ini, Pemkab Empat Lawang mengqurbankan 22 ekor sapi sumbangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang. Dari 22 ekor sapi tersebut, 10 ekor diantaranya diserahkan kepada 10 kecamatan dalam wilayah kabupaten Empat Lawang, sehingga masing-masing kecamatan mendapat 1 ekor sapi Qurban. Dan sisanya sebanyak 12 ekor di potong di halaman Musholah Pemkab Empat Lawang pada tanggal 1 September 2017 seusai sholat Idul Adha 1438 H dan dagingnya langsung dibagikan kepada yang berhak menerimanya sesuai syariat.

Bupat Empat Lawang H. Syahril Hanafiah mengatakan bahwa, ada makna yang sangat penting diqurbankan pada hari raya qurban ini yaitu perasaan atau ego yang ada pada diri kita masing-masing. “ Jadi kita harus mengkorbankan semua perasaan yang ada pada diri kita. Bahwa kita merasa orang yang paling penting, Merasa orang yang paling gagah, paling banyak uang, paling hebat sendiri. Semua itu harus kita korbankan“ Jelas Bupati Empat Lawang H, Syahril Hanafiah pada sambutannya dihadapan jema’ah sholat Ied di lapangan Pemkab Empat Lawang jumat (1/9). Lebih lanjut, Bupati menjelaskan bahwa, “ Nabi Ibrahim AS, diminta oleh Allah Swt untuk mengorbankan Nabi Ismail AS, anaknya. Sebenarnya, inti dari kisah tersebut bukan pada penyembelihan itu, Tetapi, nabi Ibrahim ASS harus mengorbankan perasaan sayang dan kasihnya kepada orang yang dikasihinya yautu anaknya sendiri. Ini yang harus kita korbankan. Kita semua puny “Ismail’ orang yang paling kita sayangi, Punya Jabatan, punya pekerjaan, punya harta yang sangat kita sayangi. Mampukah kita mengorbankan perasaan-perasaan ini ? ” Tanya  Pak Bupati  kepada jema’ah sholat Ied.

Sebagai salah satu contoh, Bupati Empat Lawang menjelaskan, banyak pejabat di Kabupaten Empat Lawang yang hadir di lapangan ini untuk melaksanakan sholat Ied bersama-sama. Namun masih ada juga yang tidak hadir. Karena menurut Pak Bupati, yang bersangkutan merasa ada kegiatan yang lebih penting. “ Dia punya keluarga, dia punya orang tua, dia punya rumah yang bagus dan dia harus hadir di sana. Dan dia tidak mampu mengorbankan itu semua “ Sindir bupati empat lawang kepada pejabat yang tidak hadir pada kegiatan sholat Idul Adha 1438 H ini. Padahal yang bersangkutan masih bisa berkumpul dengan keluarga selepas sholat Ied ini. Untuk Bupati Empat Lawang mengajak kita semua, “ Marilah perasaan-perasaan yang serba ‘paling’ itu kita singkirkan dan jalankanlah pekerjaan dengan ikhlas tanpa ada perasaan yang yang tidak rela, sebab jika kita berkorban dengan perasaan yang tidak rela, maka makna berkurban tidak ada artinya” Ujar Bupati Empat Lawang mengakhiri Sambutannya.




Share:

0 komentar:

Featured Post

HOLDA, hari ini mengambil Formulir di DPW Partai Kebangkitan Bangsa, sumsel

Cari di web ini

Tag